rb09susilo’s Blog


SEJARAH BAND SLANK
sejarah band slank

sejarah band slank

Category: Music
Genre: Rock
Artist: Slank
Slank adalah nama salah satu grup musik papan atas Indonesia yang bermula dari Desember 1983 dengan pendirian Cikini Stones Complex (CSC), grup musik yang terdiri dari anak-anak SMA Perguruan Cikini, Jakarta. Di sinilah Bimo Setiawan (drum), Boy (gitar), Kiki (gitar), Abi (bass), Uti (vokal) dan Well Welly (vokal) mengekspresikan kesukaan mereka terhadap karya-karya Rolling Stones.

Sayangnya grup ini tidak bisa bertahan dan membubarkan diri. Selanjutnya berturut-turut terjadi perombakan personil sampai akhirnya terbentuk formasi ke-14 pada tahun 1996 yang bertahan sampai sekarang. Formasi akhir ini, yang dimulai dari album ke-7 Slank, terdiri dari Bimbim (drum), Kaka (vokal), Ivanka (bass), Ridho (gitar) dan Abdee (gitar).

Slank memiliki kelompok penggemar yang fanatik, yang dikenal sebagai Slankers.

Berikut ini sejarah singkat tentang berdirinya Slank

Slank berdiri desember 1983. dengan nama awal cikini stone complex, dengan beranggotakan, Bimo Setiawan (drum), Boy (gitar), Kiki (gitar), Abi (bas), Uti (vokal), Wel Welly (vokal).Mereka sering membawakan musik2 dari Rolling Stone, idola mereka. Di tengah jalan beberapa dari mereka keluar. karena keuletan Bimbim, panggilan Bimo Setiawan membentuk band lagi dan merubah nama menjadi Red Evil. dengan formasi Bim2(drum), Bongky (gitar), Kiki (gitar), Denny (bas), Erwan (vokal). dan mereka sudah mulai berani memainkan lagu2 mereka sendiri.

Penampilan mereka diatas panggung yang cenderung seadanya dan slenge’an. sehingga para penonton sering menyebut mereka band slenge’an. mulai saat itu nama band mereka berubah menjadi Slank.

Pergantian personil menjadi kebiasaan dalam band ini. sudah kali band ini ganti personil, dengan personel Bim2(Drum), Kaka(Vokal), Bongky(Bas), Indra(Keyboard), Pay(Gitar).

Berkali-kali mengirim demo ke berbagai label, berkali2pula rekaman mereka ditolak. lalu mereka bertemu dengan seorang produser Budi Susatio. setelah mendengarkan musik mereka, Budi yakin bahwa musik mereka akan banyak disukai. karena musik mereka beda dari musik mainstream pada masa itu. Slank menggabungkan antara POP, ROCK N ROLL, BLUES, DAN ETNIK. yang menjadi warna musik Slank.

Keyakinan Budhi terbukti. album pertama SUIT…SUIT..HE.HE… meledak di pasaran dengan hits maafkan dan memang. dengan album pertama itu pula slank mendapat penghargaan pertamanya di BASF award sebagai pendatang baru terbaik.

sejak saat iu slank mulai dikenal masyarakat seluruh indonesia, dan terus berkarya. karya mereka antara lain:
KAMPUNGAN,PISS,GENERASI BIRU, MINORITAS.Setelah penggarapan album minoritas slank kehilangan 3 anggota sekaligus Bongki,Indra,Pay (yang sekarang sukses dengn BIP-nya). akhirnya ka2 dan bim2 berjuang mempertahankan band ini. dengan 2 personel mereka mencoba membuat album baru, LAGI SEDIH. dengan dibantu Ivan (bass) dan Reynold (gitar).

hingga akhirnya tahun 1996 terbentuk formasi ke-14 yang terdiri dari Kaka (vokal), Bim2 (drum), Ivanka(bass), Ridho (gitar), Abdee (gitar). hingga sekarang mereka telah menelurkan 14 album:
TUJUH,VIRUS,MATA HATI REFORMASI,999+09,SATU-SATU,PLUR,SLANKISS… BUT SURE. ini belum termasuk album live dan de best.Hingga sekarang slank masih berkarya dan banyak memiliki penggemar yang biasa menyebut diri mereka SLANKERS. mereka cenderung setian pada slank. karena mereka menganggap musik slank adalah musik jujur apa adanya. yang mewakili jiwa dan semangat muda.Dan untuk ultah ke 24 ini slank akan mengadakan konser dengan judul: Slank Fest:From Slank With Love. acara ini akan diadakan di pantai karnaval ancol tanggal 29 desember 2007 jam 7 malem. dan diisi oleh:The BIG HIP (JAPAN), Julia Perez(jupe???), Dewi Persik, Nirina Zubir, Maia (Ratu), Sherina, Melanie Soebono, Astrid, T2, Sarah. harga tiket 15ribu.Dan juga Slank rencananya akan launching album internasionalnya pada bulan april 2008. yang berisi lagu2 Slank dengan lirik Bahasa Inggris.

Sukses terus buat Slank… .

PISS-LUV-UNITY-RESPECT

SUSUNAN ALBUM
1990 – Suit-Suit….Hehehe (Gadis Sexy)
1991 – Kampungan
1993 – Piss
1995 – Generasi Biru
1996 – Minoritas
1996 – Lagi Sedih
1997 – Tujuh
1998 – Mata Hati Reformasi
1999 – 999
2001 – Virus
2003 – Satu Satu
2003 – Bajakan!
2004 – Road to Peace
2005 – Plur
2006 – Slankisme
2007 – Slow But Sure
2007 – Original Soundtrack “Get Married

Slank dan “Mafia Senayan“
Monday, September 15th, 2008

Judul : Slank dan “Mafia Senayan”
Penulis : Raka Revolta
Penerbit : Bio Pustaka
Tahun : 2008
Genre : Sosial Politik
Tebal : 116 Halaman
ISBN : 978-602-8097-08-6

Kritik Terhadap Wakil Rakyat

Slank adalah salah satu band di tanah air yang konsisten dan punya kepedulian dengan kondisi sosial dan politik –terlihat dari lirik lagu-lagu Slank yang syarat dengan kritik sosial, terutama korupsi. Perilaku korupsi sepertinya menjadi sesuatu yang lumrah di Indonesia, seakan menjadi bagian budaya dari masyarakat. Hal itulah yang menjadi dasar keprihatinan Slank dan kemudian mengangkat kritik sosial tersebut melalui lirik lagu. Tak heran mereka kemudian dijadikan “Duta Anti Korupsi” oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ditambah, perjalanan panjang selama 24 tahun mengarungi musik telah membuktikan eksistensi Slank sebagai band papan atas dengan kualitas ”legenda”.

Buku berjudul Slank dan “Mafia Senayan” yang ditulis oleh Raka Revolta ini mencatat episode-episode penting dalam perjalanan hidup dan karier bermusik Slank yang bersinggungan langsung dengan kreativitas musik, sosial, dan politik. Lirik dan tema lagu yang Slank tawarkan akrab dengan lingkungan sehari-hari, ada protes dan kritik.

Slank dan Korupsi menjadi bagian cerita menarik dalam buku ini. Sejak kedatangan Slank ke kantor KPK, 24 Maret 2008 untuk menyatakan dukungannya terhadap KPK yang sedang gencar-gencarnya memberantas korupsi. Dari sanalah kontroversi itu bermula. Awalnya mereka hanya mengadakan pertunjukan sederhana bertajuk “Bangkit dan Lawan Korupsi” di kantor KPK. Namun, gara-gara lagu yang berjudul Gosip Jalanan yang telah dirilis pada 2004 itu, Slank harus berurusan dengan DPR-RI. Ternyata lirik lagu tersebut membuat panas telinga orang-orang di Senayan.

Melalui Badan Kehormatan DPR-RI, para wakil rakyat itu merasa disudutkan sebagai anggota dewan lewat lirik lagu tadi. Kenapa baru dipermasalahkan sekarang? Padahal mengkritik pemerintah dengan gaya slenge’an telah menjadi ciri khas band ini sejak dulu. Lagu Gosip Jalanan adalah hal yang normal dalam proses berdemokrasi. Kata ”mafia Senayan” dalam lagu tersebut bukan mengartikan DPR-RI adalah mafia. Namun ironisnya hanya dalam hitungan jam setelah DPR-RI bersikap keras terhadap Slank atas kritik dalam syair lagunya, KPK menangkap Al Amin Nur Nasution anggota DPR-RI yang dituduh menerima uang suap dari pejabat Pemkab Bintan dengan kasus izin pengalihan fungsi Hutan Lindung Bintan Binyu menjadi Ibu Kota Kabupaten Bintan. Penangkapan itu seolah membenarkan apa yang didendangkan Slank tentang adanya mafia dikalangan politisi Senayan. Tidak hanya itu penangkapan anggota DPR yang terkait kasus korupsi pun terus bergulir di antaranya Bulyan Royan, Hamka Yandhu, dan Sarjan Tahir. DPR-RI pun seakan bungkam dan sepertinya mereka tidak belajar dari kesalahan sebelumnya.

Seni bagi kalangan seniman juga bisa sebagai alat perjuangan terutama dalam menyuarakan kritik sosial. Slank bukanlah band, musisi atau penyanyi pertama yang bersikap kritis. Sebelumnya sudah banyak seniman yang kritis dan melantunkan kritik-kritik sosial lewat syair lagunya. Seperti Iwan Fals, Leo Kristi, Franky Sahilatua, Wiji Thukul, dan Harry Roesli. Mereka malah dengan keras mengejek tabiat perilaku politisi kita, dan bukan hanya seniman dengan lagu kritik sosialnya. Bahkan kalangan sastrawan dan budayawan pun juga ikut menyuarakan kegelisahan dan ketimpangan yang ada di masyarakat, seperti WS Rendra dan Pramoedya Ananta Toer. Sungguh naif jika kerangka berpikir politisi kita sekarang kembali ke masa Orde Baru. Tidak bisa menerima protes dan kritikan.

Kritik sosial dari seniman seperti Slank harusnya menjadi bahan bagi para politisi kita untuk menginstrospeksi diri, agar amanah yang diberikan rakyatnya benar-benar diwujudkan bukan malah diselewengkan. Haruskah Slank dengan karyanya bernasib sama seperti yang dialami Iwan Fals, WS Rendra dan Pramoedya Ananta Toer? Buku Slank dan “Mafia Senayan” mampu menjadi sebuah kisah yang menarik. (Dewi Puspitasari / PERADA, 31 Juli 2008 – Koran Jakarta)
Hal ini membuktikan bahwa sebuah musik dapat menjadi suatu aspirasi yang menuju suatu kebenaran

Slank – The Big Hip (Album 2008)

posted by snug

slankbighip1

Slank bersama The Big Hip, sebuah band asal Jepang berkolaborasi dalam album Slank-The Big Hip. Muatan album terbaru Slank ini berbentuk kolaborasi antara Bimbim, Kaka, Abdee, Ridho dan Ivan dengan grup band asal Jepang, The Big Hip. Sebutlah, isi gagasan Slank kali ini bercampur baur dengan karya rock buatan Jepang dari kibordis The Big Hip, Mikio Shirai. Pemusik Jepang itu menciptakan lagu “Sora (Halilintar)” yang ditranslasi oleh Kaka, Bimbim dan Abdee; “Yumede Areba II (Semoga Ini Mimpi)”, “Utaga Utaidasu (Lagu Mulai Bernyanyi)” dan “Yuwaku (Godaan)”.

Kebersamaan dua grup band yang mengaku sama visi itu dimulai saat Shirai dan drumer Tetsuya Kajiwara mengunjungi markas Slank di Jalan Potlot, Durentiga, Jakarta Selatan pada akhir tahun 2007. Keduanya melakukan sesi jamming dengan Slank dan menghasilkan dua lagu bertajuk “Arigato Thank You” dan “Sexy Cat”, yang juga menjadi materi album Slank-The Big Hip.

Ketika kemudian telah bersepakat berkolaborasi, proses rekaman segera berlangsung di Parah Studio (milik Slank) antara 30 Oktober-2 November 2007 dengan 12 lagu yang bermayoritas nada cinta Slank sebagai bagian sumbangsih dan dedikasi mereka kepada musik yang mendunia. Lain kata, album ini bisa diartikan dengan lagu cinta, slank tetap mengkritik…. lihatlah lirik dari “Seperti Para Koruptor” dibawah ini :

  • Aku gak butuh uangmu
  • Aku gak butuh hartamu
  • Yang kubutuh hanya cintamu
  • Setulus cintaku padamu
  • Aku gak mau warisanmu
  • Aku gak mau kekayaanmu
  • Yang ku mau rasa sayangmu
  • Sesayang aku padamu

Reff:

  • Hidup sederhana
  • Gak punya apa-apa tapi banyak cinta
  • Hidup bermewah-mewahan
  • Punya segalanya tapi sengsara
  • Seperti para koruptor 2x
  • Aku gak perlu make-up mu
  • Aku gak perlu bajumu
  • Yang ku perlu isi dadamu
  • Sepenuh kasihku padamu
  • Aku gak penting warna lipstikmu
  • Aku gak penting perhiasanmu
  • Yang penting jujur hatimu
  • Sejujurnya aku falling in love padamu

Back to Reff:

List lagu dalam Slank – The Big Hip (Album 2008):

  1. Rock ‘n Roll
  2. Sora
  3. Rebut
  4. Seperti Para Koruptor
  5. Yumede Areba
  6. Sexy Cat
  7. Utaga Utaidasu
  8. Yuwaku
  9. Seen Things
  10. Hard For You
  11. Arigato, Thank You
  12. Kilav

Download lagunya dalam format MP3 di :

http://rapidshare.com/files/137001588/Slank-The_Big_Hip_2008.rar








Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: